Menghitung penentuan awal bulan qomariyah, waktu shalat, (pengantar) bag. 1

Akhir-akhir ini banyak sekali perbedaan-perbedaan dalam penentuan awal bulan dalam penanggalan hijria, ini disebabkan banyaknya penafsiran-penafsiran yang berbeda diantara beberapa ualama, karena menurut saya penentuan itu seperti ilmu tafsir saja yang bisa menyebabkan perbedaan dari beberapa fihak.

 

Di kalangan para Linuxer memang sih ada perangkat lunak stellarium dan kstar tapi alangkah baiknya kita mengetahui ilmu dasarnya.

 

Untuk menentukan awal bulan dalam kalender hijria diperlukan sebuah alat yaitu Falak, yaitu ilmu yang mempelajari yang berhubungan dengan benda-benda langit dari segi bentuk, ukuran, keadaan fisi, posisi, gerakan dan saling hubungan satu dengan lainnya.

 

Dengan memanfaatkan ilmu falak, ummat Islam dapat melakukan perhitungan untuk menentukan waktu shalat, sudut arah kiblat, awal bulan qomariyah, gerhana bulan (khusyuf) dan gerhana matahari (kusuf)

 

 

 

Sebagai ilmu yang dibangun diatas penyelidikan empirik terhadap posisi dan gerakan benda-benda langit, ilmu falak semakin berkembang oleh karena itu semakin tingginya tinggat akurasi derajat yang ditentukan.

 

 

 

Rukyat terhadap posisi dan gerakan benda-benda langit adalah salah satu faktor penting mengantarkan ilmu falak ke tingkat kemajuan.

 

Perintah rukyat yang dikeluarkan Nabi Muhammad SAW pada beberapa abad yang lalu, disamping mempunyai bobot syar’i adalah benar-benar bernilai ilmiah.

 

Tanpa rukyat perkembangan ilmu hisab akan mandeg/jalan di tempat, dan tanpa rukyat ilmu falak tidak akan pernah ada.

 

Perbedaan akhir-akhir ini daoat disebabkan dari beberapa faktor, diantaranya data yang dijadikan refrensi, faktor cara menghitung, faktor alat bantu hitung, faktor perbedaan dalam memperhitungkan variabel-variabel yang memperngaruhi pergerakan maupun posisi benda-benda langit.

 

berlanjut………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s