Kegembiraan dan Kugalauan kumpul jadi 1, di layar 14″

Hari ini BlankOn memasuki umur 8 tahun, hari yang mungkin banyak dilupakan oleh Pengembang BlankOn😀.

Di hari ini apa yang telah kita lakukan sebagai pengembang BlankOn? apa yang kita lakukan sebagai pengguna BlankOn? dan apa yang kita lakukan sebagai anak bangsa?

Hari ini kita menyongsong Rilis BlankOn 8.0 Rote yang akan dirilis “mudah-mudahan” bulan juli ke depan, ini kalau tidak mbleset. Sampai saat ini BlankOn sudah beberapa berganti upstream dari fedora, ubuntu dan terakhit adalah debian. Di Rilis 8.0 inilah pengembang BlankOn diuji dengan perpindahan upstream, sama saja dengan pengembang BlankOn belajar lagi karena perbedaan dari upstream sebelumnya.

Disamping itu tim riset telah membuat terobosan dengan membuat installer yang dinamakan blankon-installer, di desktop juga ada gebrakan baru blankon-panel yang digunakan pada rilis pattimura, kini di BlankOn rote blankon-panel itu menjadi manokwari, eh kenapa kok namanya dirubah sih apa bedanya dengan blankon-panel?  bedanya, manokwari dibuat menggunakan vala, gkt3, html5,  css.

Dan  pada rilis kali ini pabrikcd yang menangani pembuatan cd dirombak habis-habisan, sehingga menjadikan pabrikcd yang lebih modern dan tentu saja harus dipelajari, dikritik dan dikembangkan.

Di hari ini kritikan masih banyak yang dilontarkan oleh teman-teman saya, mengapa kita repot-repot buat OS sendiri? kan ada OS yang siap pakai gratis lagi. Kalau jawaban cuek saya, ah suka-suka inyong dong,😀 sebnarnya jawaban seriusnya: kita sudah pernah merasakan pada saat tailand banjir, berapa harga hardisk yang kita tidak punya pabrik di indonesia, berapa harus lama inden mobil merek honda, Jangan-jangan nanti kalau vietnam, tailand, india kena bencana kita tidak bisa makan nasi. karena negara pengimpor beras kena musibah dan kita sendiri males untuk bercocok tanam sendiri.

Begitu juga dengan BlankOn, BlankOn adalah tempat latihan, meski sedikit yang disumbangkan ke negara ini. minimal kita belajar bagaimana proses untuk mengembangan beberapa aplikasi, OS, dst. Distro BlankOn hanya bonus dari belajar kita, distro BlankOn bukan tujuan utama pembuatan sebuah distro karena kita di poryek BlankOn ini belajar bagaimana belajar menjadi Bangsa yang mandiri dan jadi orang keren, minimal kita menanglah dari bangsa dan orang negara sebelah.

Ngomong-ngomong kegalauan hari ini menjadikan semangat saya di hari ini juga, ada beberapa masalah, diantaranya adalah cdlive yang puyeng karena kernel, irgsh yang sertifikatnya habis masa kontraknya, tapi yang lebih besar adalah musuh utama ketakutan hilangnya   semangat, karena saya tidak seperti tahun yang lalu, yang kata pak asrrojim “tancap dan mainkan”, sekarang berbeda, ada beberapa yang harus saya fikirkan di dunia beneran “bukan dunia maya”, tapi biarkan, itu urusan pribadi saya, yang harus saya seleseikan, dan saya berharap di Ulang Tahun BlankOn ke 8 ini, para pengembang BlankOn tetap semangat, pengguna BlankOn tetap setia, dan yang terpenting bagi kita semua adalah “Saya bangga dengan Indonesia karena BlankOn-nya.

Merdeka.

One thought on “Kegembiraan dan Kugalauan kumpul jadi 1, di layar 14″

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s