Apakah itu Varnish?

Setelah pak budi memasang varsnish di salah satu server BlankOn saya penasaran, barang apa itu? ow ternyata semacam squid.

Varnish  sebuah aplikasi web accelerator juga dikenal sebagai reverse proxy HTTP caching. Jadi si varnish ini diinstal di depan server yang ngonong dengan HTTP dan mengkonfigurasinya untuk cache isi.  Varnish benar-benar, benar-benar cepat. Ini biasanya mempercepat pengiriman dengan faktor 300 – 1000x, tergantung pada arsitektur nya sih.

Untuk performa sangat2 keren.tapi tergantung dengan kecepatan jaringganya sih.dan bisa ber Giga gigaan, dan di websitenya bisa mengantar 20 Gbps pada reguler off-the-shelf hardware.

Salah satu fitur kunci dari Cache Varnish, selain di kinerja, fleksibilitas adalah bahasa konfigurasi itu, VCL. VCL memungkinkan Anda untuk menulis kebijakan tentang bagaimana permintaan yang masuk harus ditangani. Dalam kebijakan yang dapat Anda memutuskan apa konten yang Anda ingin melayani, dari mana Anda ingin mendapatkan konten dan bagaimana permintaan atau respon yang harus diubah.

Varnish  berjalan  di Linux dan FreeBSD.

Nantikan Lanjutannya

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s