Desain Pengembangan BlankOn (Tidak Resmi) #2 Rilis

Untuk #2 kali ini saya akan membahas tentang Rilis, dimana ini hanya angan-angan bukan wajib, boleh digunakan dan boleh tidak, dan ini menjadi usulan saya ke BlankOn entah diterima atau tidak tergantung teman-teman di BlankOn.

Tulisan ini sengaja saya taruh di depan bukan di belakang, untuk tim nanti difikirkan ketika  sudah selesai episode terakhir tulisan ini, apa saja kebutuhan tim-tim di BlankOn.

Eh ada tetapinya, dalam perasaan ada yang ngatain kamu memimpin rilis tidak tepat waktu kok  berani menulis tentang beginian? ah sudahlah biarlah saya menulis, anggaplah saya gila saja menulis angan-angan yang belum tentu tercapai, tapi setidaknya inilah ambisi yang muncul dari mimpi tidur saya mengenai BlankOn.

Inspirasi saya sebenarnya hampir datang dari mimpi entah kenapa, apa karena saya suka sejarah atau bagaimana, tapi itu tidak penting mari kita belajar bersama tentang impian saya kali ini, maka saya tulis secara sederhana saja, karena saya bukan penulis buku seperti pak Sokhibi Imgos, atau Wartawan Majalah Bobo, hehehehehehehe.

Pra Rilis.

  • Setup Repo (Target: Repo berjalan sempurna)
  • Setting Pabrik-CC (Target: Pabrik-CC berhasil mencetak ISO)
  • Pengumpulan ide sampai Rilis Beta

Jahitan-1/Alpha-1:

  • Paket Yang dipasang adalah blankon-minimal, blankon-desktop, kernel.

Kenapa hanya tiga paket tersebut? ya memang itu saja, baca sendiri isi meta dari paket tersebut di repository bazar😀, target keberhasilan dan bisa di rilis di Jahitan-1 ini hanya BlankOn bisa dijalankan secara Live.

Jahitan-2/Alpha-2:

  • Paket Yang dipasang adalah blankon-minimal, blankon-desktop, kernel. dan installer.

Di Jahitan-2 kali ini ada tambahan paket installer, tentunya dengan adanya installer maka target berhasil dan bisa dirilis adalah BlankOn bisa dijalankan secara Live dan bisa dipasang.

Jahitan-3/Alpha-3:

  • Paket Yang dipasang adalah blankon-minimal, blankon-desktop, kernel, installer, office, grafis dan paket-paket yang diinginkan.

Di Jahitan-3 ini aplikasi-aplikasi yang akan diikut sertakan dimasukkan dalam live-cd, tentunya dengan pemasangan di kali ini aplikasi dapat mulai di test, dan dikatakan berhasil kalau BlankOn sudah bisa Live, dipasang dan Aplikasi sudah bisa dijalankan.

Beta:

  • Paket Yang dipasang adalah blankon-minimal, blankon-desktop, kernel. dan installer, office, grafis dan isi kesenian dimasukkaan.

Di Beta konten-konten Live CD sudah fix dan target kali ini BlankOn sudah berpenampilan yang diharapkan dan tentunya bisa Live, dipasang dan Aplikasi sudah bisa dijalankan.

Kandidat/RC:

  • Repo Dibekukan dari Upstream.

Dijahitan kali targetnya adalah memecahkan masalah-masalah yang berada di Jahitan-jahitan sebelumnya, dan jika dirasa sudah sip, oke lempar saja ke umum.

Rilis Final/Paripurna:

Selama tenggan RC ke Final setidaknya ada perbaikan-perbaikan yang masih terjadi dan kalau dirasa sip okelah kalau begitu langsung lempar saja.😀

Wah simpel amat, ya begitulah sodara namanya juga tulisan dari mimpi, eh apakah ada pertanyaan? semisal, pertanyaan waktunya bagaimana, apakah bisa ditambahkan? ya itu tergantung situasi dan kondisi, jadi stay woles aja.

Okelah Kalau Begitu untuk #2 sekian dulu karena mau memberi makan burung dan ayam di pagi yang indah ini, dan kita akan bahas lanjutan-lanjutan dari edisi ini di pertemuan #3.

5 thoughts on “Desain Pengembangan BlankOn (Tidak Resmi) #2 Rilis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s